Bisnis  

Makin Gampang! Ini 3 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri

Makin Gampang! Ini 3 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri

faktualist.comJakarta, CNBC Indonesia – Transaksi pengiriman dana dari Indonesia ke luar negeri tercatat semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini dipicu dengan semakin tingginya perdagangan internasional.

Selain untuk memenuhi transaksi bisnis seperti ke supplier maupun vendor barang impor, pengiriman uang ke luar negeri juga dilakukan untuk membiayai anak yang sedang belajar di luar negeri maupun untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang sedang menetap di negara tetangga.

Seiring transaksi lintas negara menjadi semakin lumrah, semakin banyak pula cara baru yang lahir untuk transfer lintas negara. Sekarang ini, sudah ada bermacam cara untuk melakukan transaksi ke luar negeri dengan mudah dan berbiaya rendah.

1. Lewat Aplikasi Topremit

Topremit menjadi salah satu aplikasi remitansi online yang direkomendasikan lantaran menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri yang cepat dan murah. Tak perlu menunggu lama jika menggunakan Topremit karena uang yang dikirim bisa sampai langsung ke rekening bank penerima mulai dari 5 menit.

Kecepatan ini berbeda-beda tergantung dengan negara tujuan yang dipilih. Untuk dapat menikmati layanan ini, Topremit mematok biaya transfer yang terjangkau, mulai dari Rp 45 ribu per transaksinya. Biaya ini tentu akan bervariasi tergantung dengan negara tujuan.

Selain itu, pengguna bisa hemat lebih banyak karena Topremit menawarkan kurs lebih rendah dan biaya transfer yang bersifat flat. Artinya, berapa pun nominal uang yang dikirim, biaya transfer yang perlu dibayar akan tetap sama.

Untuk tingkat keamanannya, remitansi online ini sudah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia sejak awal berdirinya pada 2009 silam.

Sebagai pionir yang memperkenalkan cara kirim uang ke luar negeri berbasis online di Indonesia, Topremit juga telah memperoleh penghargaan langsung dari Bank Indonesia sebagai “Penyedia Jasa Transfer Uang Terbaik”. Kini, Topremit telah dimanfaatkan oleh lebih dari 160.000 pengguna untuk mengirimkan lebih dari Rp 6 triliun ke lebih dari 60 negara di dunia.

2. Lewat Paypal

Salah satu penyedia layanan kirim uang ke luar negeri yang cukup populer adalah PayPal. Perusahaan ini menawarkan layanan rekening virtual yang membolehkan para pengguna untuk menyimpan saldo, hingga mengirim serta menerima dana dari sesama pengguna PayPal.

Untuk dapat mengirimkan uang ke luar negeri, penerima diwajibkan untuk memiliki rekening PayPal juga. Penerima juga bisa memindahkan dana dari akun PayPal ke rekening bank pribadi jika penerima ingin menarik saldo dari rekening virtualnya.

Untuk penarikan uang di bawah Rp 1,5 juta, pengguna akan dikenakan biaya sebesar Rp 16.000. Proses ini juga akan memakan waktu beberapa hari agar uang bisa sampai ke rekening bank pribadi.

3. Transfer Lewat Bank

Perbankan di Indonesia juga menyediakan layanan transfer uang ke mancanegara. Bank bisa menjadi salah satu pilihan untuk cara kirim uang ke luar negeri, khususnya yang ingin melakukan transaksi dalam mata uang dolar Amerika Serikat (USD) ke berbagai negara.

Jika ingin transfer ke luar negeri melalui bank, bisa langsung mendatangi bank pilihan dan mengisi formulir yang diperlukan. Setelah formulir ini diberikan kepada petugas, transaksi akan langsung diproses selama beberapa hari.

Kecepatan pengiriman tentu akan bergantung pada proses yang diperlukan di negara tujuan, serta perusahaan bank pilihan. Adapun biaya transfer yang dipatok oleh bank akan bervariasi tergantung bank yang dipilih.

Kendati demikian, pada umumnya biaya yang dikenakan oleh bank tergantung dengan nominal uang yang dikirim ke luar negeri.

Itulah rekomendasi tiga cara mudah untuk kirim uang ke luar negeri yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan tiga cara itu, pengiriman dana bisa dilakukan dengan cepat, murah, dan tentunya sangat mudah.