News  

1.200 peserta ikuti IFG Labuan Bajo Marathon 2022

1.200 peserta ikuti IFG Labuan Bajo Marathon 2022

Labuan Bajo (ANTARA) – Sebanyak 1.200 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri mengikuti IFG Labuan Bajo Marathon yang disponsori oleh Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG) di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu.

“Kami menargetkan peserta dari warga lokal, nasional dan internasional dalam kegiatan lari yang juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata di Labuan Bajo ini,” kata Ketua Panitia IFG Labuan Bajo Marathon dari IFG, Fitri Istanti di Labuan Bajo,.

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 ini diikuti oleh peserta dari NTT, Jakarta, Surabaya, dan daerah lainnya di dalam negeri. Selanjutnya ada peserta luar negeri seperti dari Belanda, China, Singapura, dan Uzbekistan. Para peserta pun dimulai dari anak-anak, remaja, pelajar, hingga orang dewasa.

Fitri menjelaskan para peserta terbagi dalam enam kategori yaitu Marathon, Half Marathon, 10 kilometer (10K), 5 kilometer (5K), Ekiden, dan Kids Dash.

Peserta marathon menempuh jarak 42,195 kilometer, sedangkan Half Marathon sejauh 21,1 kilometer. Berikutnya peserta menempuh jarak 20 kilometer dan dilakukan secara estafet dengan jumlah peserta empat orang untuk kategori Ekiden. Sedangkan kategori Kids Dash menempuh jarak 100 meter.

Baca juga: Rute “IFG Labuan Bajo Marathon” 2022 dinilai menantang

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan Labuan Bajo memiliki potensi besar untuk aktivitas sport tourism yang menggabungkan pariwisata dan kegiatan olahraga. Dia pun mengatakan IFG mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian BUMN untuk kegiatan olahraga ini.

“Ajang ini diharapkan bisa mendukung visi dan misi pemerintah untuk meningkatkan pariwisata di daerah ini,” kata Arya yang juga menjadi peserta lari kategori 10K.

Direktur Utama IFG Robertus Billitea menambahkan, IFG sebagai sponsor utama penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon berharap adanya dampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat di Labuan Bajo.

Hal itu terwujud lewat pembelian produk UMKM, okupansi hotel, persewaan kendaraan, dan kuliner yang ada di Labuan Bajo.

Para peserta lari pada rute menantang namun dengan pemandangan yang indah. CEO Mesa Go Reza Puspo selaku pihak penyelenggara menyebut telah memastikan seluruh peserta mendapatkan informasi berkaitan dengan rute, cuaca, kelembaban udara, hingga kondisi jalan.

“Rute yang ditempuh telah kami atur sedemikian rupa dengan mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan peserta,” ucap dia.

Dalam kegiatan ini, para peserta mendapatkan fasilitas perlindungan diri dari produk asuransi yang merupakan kolaborasi dari anak usaha IFG yakni program Asuransi Perjalanan dari Jasindo, Asuransi Kecelakaan Diri dari Jasaraharja Putera, dan Asuransi Jiwa dari IFG Life.

Baca juga: Menparekraf apresiasi penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.