MariSilicon X, Terobosan Baru Oppo Pada Chipset Fotografi Smartphone

MariSilicon X, Terobosan Baru Oppo Pada Chipset Fotografi Smartphone

faktualist.com – NESABAMEDIA.COM – Oppo salah satu Top 3 brand smartphone asal Cina berupaya mengisi kekosongan yang telah ditinggalkan Huawei. Baru-baru ini, mereka mengklaim telah berhasil membuat chip yang didesain khusus untuk fotografi smartphone, yang mampu menghasilkan gambar tajam dan menawan. Mereka juga mengklaim bahwa ini adalah chipset pertama untuk kelas fotografi smartphone.

Kemarin, Oppo mengungkap MariSilicon, yang dikatakan bisa memproses gambar RAW secara real-time, yakni penyimpanan dengan format mentah yang berisi informasi penting dan biasanya membutuhkan daya yang cukup besar untuk ditangani. Ini adalah sebuah terobosan dari smartphone lain yang pertama harus mengkompress gambar yang ditangkap sebelum menerapakan AI untuk memberikan filter dan meningkatkan kualitas gambar, yang menghemat waktu tetapi mengorbankan kualitas.

Bagian 6-nanometer-nya, diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Co, yang mampu menghasilkan kinerja 20 kali lebih cepat dan mengurangi hingga separuh konsumsi daya untuk beberapa tugas yang diberikan, dibandingkan dengan smartphone kelas atas Oppo sebelumnya. Chipset ini disebutkan akan menjalani debutnya dengan smartphone flagship Find X, yang akan dirilis pada kuartal pertama tahun 2022.

Kini Oppo telah bergabung dengan banyak perusahaan asal Cina lainnya yang mengeksplorasi kemajuan dalam teknologi semikonduktor, di saat pemerintah Tiongkok itu mendorong pertumbuhan industri chip dalam negeri.

Oppo berharap chipset ini akan bisa mengantar perusahaan untuk mampu bersaing dengan Xiaomi dan Vivo, untuk bisa menjadi pemimpin di Cina, karena sekarang Huawei telah meninggalkan pasar smartphone di negeri itu karena adanya sanksi dari pemerintah Amerika Serikat.

Pembuatan silikon khusus kini telah menjadi medan perang utama, khususnya di antara produsen smartphone, di mana Vivo sebelumnya juga telah meluncurkan prosesor gambar V1 mereka sendiri pada tahun ini, setelah Apple membuat template dengan chip mereka sendiri juga di seri A-nya.

Kualitas video dan gambar dianggap sangat penting bagi pengguna saat memilih perangkat smartphone, dan ini telah menjadi tren. Oppo mengatakan bahwa MariSilicon X buatannya itu mampu menghasilkan video malam 4K dengan bantuan AI serta rentang dinamis yang tinggi, juga menerapkan peningkatan gambar yang biasanya terlihat pada gambar diam ke gambar bergerak.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.