Motorola Frontier Bakal Gunakan Snapdragon 8 Gen 1 Plus dan Kamera 200MP

Motorola Frontier Bakal Gunakan Snapdragon 8 Gen 1 Plus dan Kamera 200MP

faktualist.com – NESABAMEDIA.COM – Motorola secara teknis menjadi produsen smartphone pertama yang meluncurkan produk dengan Snapdragon 8 Gen 1, dengan Moto Edge X30 tahun lalu. Sepertinya, perusahaan bermaksud ingin meningkatkan lebih banyak lagi tahun ini, dengan meluncurkan kembali smartphone Motorola Frontier.

Sebuah dokumen dari narasumber nesabamedia.com menunjukkan bahwa Motorola Frontier adalah perangkat generasi berikutnya yang ditenagai oleh prosesor Qualcomm SM8475, dan juga akan memiliki RAM 8 sampai 12GB dan juga panel FHD Plus OLED 6,67 inci 144Hz.

Sumber tersebut tidak mengklarifikasi apakah SM8475 adalah Snapdragon 8 Gen 1 Plus, namun jika melihat kebiasaan Qualcomm yang akan melakukan penyegaran chipset mereka dengan penamaan SM8x50, maka diyakini itu adalah model baru dari chipset tersebut.

Misalnya saja Snapdragon 888 dengan SM8350 dan Snapdragon 865 dengan SM8250. Terlebih ada rumor lain yang mengatakan bahwa Snapdragon 8 Gen 1 Plus akan hadir akhir tahun ini, dan akan dibangun dengan proses fabrikasi oleh TSMC.

Tidak diketahui informasi mengenai berapa besar kapasitas baterai yang dibawa oleh Motorola Frontier tersebut, namun diklaim bahwa smartphone ini akan meningkatkan baterai mereka dengan pengisian cepat 125W dan pengisian cepat nirkabel 50W.

Smartphone tersebut juga akan hadir dengan spesifikasi kamera yang menonjol, setidaknya di atas kertas. Tepatnya, kamera yang digunakan adalah kamera utama 200MP dari Samsung HP1, kamera ultra-wide 50MP dari Samsung JN1 dan telefoto 12MP. Sementara itu kamera selfie yang digunakan adalah kamera 60MP dengan memiliki fungsi deteksi wajah yang selalu aktif dari Qualcomm. Namun perlu dicatat bahwa fungsi ini bukanlah fungsi pengenalan wajah.

Sudah umum diketahui bahwa besaran MP bukanlah tolak ukur sebuah kamera akan menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Jadi diharapkan Motorola bisa berfokus pada peningkatan pemrosesan gambar dan penambahan hardware, misalnya OIS.

Masih ada beberapa pertanyaan lain yang belum terjawab tentang smartphone berikutnya dari Motorola ini, seperti kapan jadwal peluncurannya, apakah memiliki peringkat IP, dan seperti apa komitmen perusahaan untuk pembaruan softwarenya. Meski demikian, smartphone ini layak ditambahkan ke dalam daftar pantauan smartphone untuk tahun 2022 ini.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.