Windows 11 KB5010414 Dirilis Dengan Beberapa Fitur Baru

Windows 11 KB5010414 Dirilis Dengan Beberapa Fitur Baru

faktualist.com – NESABAMEDIA.COM – Windows 11 KB5010414 telah diluncurkan ke pengguna di saluran produksi dan ini adalah sebuah rilisan besar dengan beberapa fitur baru.

Tidak seperti pembaruan bulanan biasanya, pembaruan opsional kali ini merupakan bagian dari rencana Microsoft untuk menyegarkan kembali Windows 11 dengan beberapa fitur baru di luar pembaruan fitur utama.

Windows 11 KB5010414 adalah pembaruan opsional, jadi ini tidak akan terunduh atau terpasang, kecuali anda mengklik tombol Get Update. Pembaruan opsional bulan Februari 2022 ini membawa dukungan untuk fitur Taskbar baru, seperti AirDrop dan jam di monitor ganda. Selain itu, ada beberapa peningkatan dan perbaikan umum, menjadikannya pembaruan terbesar untuk tahun ini.

Jika anda mengalami masalah dalam mengakses pembaruan ini melalui halaman Settings, anda bisa mendapatkan versi paket offline dari situs resmi Microsoft dan melakukan pembaruan secara manual.

Berikut ini beberapa fitur baru yang dibawa dalam pembaruan Windows 11 KB5010414:

    Dukungan aplikasi Android dikirimkan melalui Microsoft Store.

    Taskbar kini bisa menampilkan jam di monitor ganda.

    Memudahkan pengaturan mikrofon dari Taskbar dan berbagi jendela aplikasi di Teams.

    Taskbar kini bisa menampilkan informasi cuaca.

    Bagian rekomendasi di Start Menu mendapatkan integrasi web Office.

Sebagian besar pengguna mungkin sudah familiar dengan feed News and Interest yang ada di Windows 10, yang biasanya akan muncul di sebelah kanan Taskbar dengan pembaruan cuaca lokal dan headline berita berdasarkan minat pengguna.

Di sisi lain, pendekatan Microsoft dengan Windows 11 sedikit berbeda. Di OS baru ini, kita memiliki panel Widget yang merupakan sebuah feed dengan detail mengenai cuaca, berita, lalu lintas, dan widget lainnya seperti foto. Seperti widget di Android, papan widget Windows 11 juga menawarkan beberapa aplikasi kecil yang memberikan anda informasi cepat.

Papan widget Windows 11 mendukung semua fitur yang ditawarkan di feed News and Interest, namun ini tidak bisa menampilkan cuaca di Taskbar. Fungsionalitas ini telah dibuang dari Taskbar Windows 11, namun kini kembali dihadirkan dengan build 22000.527.

Fitur baru Windows 11 yang bernama AirDrop, mempersingkat kebutuhan pengguna untuk berpindah antar aplikasi ketika ingin berbagi jendela aplikasi ketika mengikuti meeting Microsoft Teams. AirDop akan mendukung klien konferensi video lainnya juga, namun untuk saat ini masih terbatas untuk Teams.

Selain itu, Microsoft juga memperkenalkan dukungan untuk tombol mute dan unmute baru di Taskbar Windows 11. Fitur baru ini akan sangat membantu para pengguna yang sering melakukan meeting di Teams. Fitur ini akan muncul selama panggilan bahkan ketika beberapa jendela terbuka di layar.

KB5010414 juga hadir dengan beberapa peningkatan juga. Misalnya, kini anda bisa meluncurkan file Office secara langsung ke browser melalui Start Menu. Ini akan bisa bekerja ketika anda mengakses file Office melalui rekomendasi di Start Menu dan perangkat tidak memiliki lisensi Office yang memadai atau file berada di OneDrive atau SharePoint.

Namun, jika anda memiliki lisensi yang valid, maka file akan terbuka di aplikasi desktop seperti biasanya.

Beberapa peningkatan lainnya termasuk:

    Memperbaiki masalah di mana kebijakan pengaktifan Silent BitLocker tidak bekerja.

    Memperbaiki masalah yang berdampak pada aplikasi Remote Desktop.

    Memperbaiki masalah di mana bahasa RTL muncul dengan rata kiri di menu konteks.

    Memperbaiki masalah dengan tooltips Taskbar di mana ikon aplikasi muncul di area kosong.

    Memperbaiki masalah dengan Offline Files pada driver network.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.